Mengatasi Diabetes Secara Alami Di Apotek

Mengatasi Diabetes Secara Alami Cepat Dan Aman

Mengatasi diabetes secara alami  dengan bimbingan apoteker yang berpengalaman sangat aman dilakukan di apotek oleh penderita diabetes menahun. Diabetes adalah penyakit pembunuh yang ditakuti oleh banyak orang. Penyakit ini dapat disertai dan menyertai penyakit-penyakit lain. Akan tetapi, bukan berarti diabetes tidak bisa disembuhkan. Bahkan ada metode pengobatan secara alami.

Pengertian Diabetes

mengobati diabetes secara alamiDiabetes ditandai dengan tingginya kadar gula (glukosa) dalam darah. Penumpukan glukosa diakibatkan tidak di serapnya gula oleh sel tubuh, karena sel tubuh menyerap glukosa yang telah menjadi glikogen. Penyakit ini berlangsung lama atau kronis. Apabila glukosa tidak dikontrol akan menyebabkan komplikasi penyakit yang membahayakan nyawa.

Glukosa itu sendiri adalah sumber energi utama bagi sel tubuh. Keberadaannya dikendalikan oleh hormon bernama insulin. Insulin berfungsi untuk mengubah glukosa menjadi glikogen yang kemudian diolah menjadi energi. Pankreas penderita diabetes tidak bisa menghasilkan insulin sesuai yang dibutuhkan. Untuk info cara mengatasi diabetes secara alami dapat dilanjutkan dengan membaca artikel ini.

Jenis-jenis Diabetes

Diabetes pada umumnya dibedakan menjadi dua tipe, yaitu Tipe 1 dan Tipe 2:

  1. Diabetes Tipe 1

Disebut juga Diabetes Autoimun, terjadi saat sel imun menyerang sel-sel pankreas yang memproduksi insulin. Akibatnya, glukosa terus meningkat dan memicu gangguan pada organ tubuh. Penyebab pasti Diabetes Tipe 1 belum diketahui, tetapi diperkirakan berasal dari genetik.

  1. Diabetes Tipe 2

Diderita sekitar 90% pengidap diabetes di seluruh dunia. Diabetes Tipe 2 alias Diabetes Melitus disebabkan oleh berkurangnya sensitivitas sel tubuh terhadap insulin. Sekalipun pankreas tetap memproduksi insulin, tetapi insulin tersebut tidak bisa digunakan secara optimal. Dengan kata lain, terdapat resistensi sel tubuh penderita terhadap insulin.

Selain dua jenis diabetes di atas, ada juga Diabetes Gestasional. Diabetes jenis ini secara spesifik menyerang ibu hamil. Penyebab utamanya adalah perubahan hormon selama kehamilan. Kadar glukosa penderita akan normal kembali setelah persalinan. Apapun jenisnya mengatasi diabetes secara alami masih sangat mungkin untuk dijalani. Dengan hasil memuaskan dan aman tentu saja.

Gaya Hidup yang Memicu Diabetes

Genetika memang memengaruhi diabetes, tetapi gaya hidup tidak kalah berpengaruh. Dengan disebutkannya gaya hidup yang tidak sehat ini, diharapkan setiap orang lebihberhati-hati dan memerhatikan gaya hidupnya. Berikut merupakan contoh gaya hidup yang bisa memicu diabetes :

  • Suka ngemil

Camilan-camilan justru membuat kita kurang mengontrol zat yang masuk ke badan. Camilan seperti keripik kentang dan kue manis mengandung karbohidrat tinggi dan gizi lainnya kurang seimbang. Zat tepung yang terdapat dalam makanan berkarbohidrat akan diubah menjadi zat gula yaitu glukosa.

  • Kurang tidur

Tidak dianjurkan tidur kurang dari enam jam sehari. Berkurangnya kualitas tidur selama tiga hari berturut-turut mengganggu kemampuan tubuh dalam mengolah glukosa. Kondisi ini juga merangsang hormon pemicu nafsu makan yang berimbas pada hobi ngemil terutama yang berkalori tinggi.

  • Malas beraktivitas fisik

World Health Organization (WHO) memprediksi dalam 20 tahun kasus diabetes di Asia naik hingga 90%. Penyebabnya adalah masyarakat lebih banyak naik motor daripada bersepeda atau berjalan kaki. Ketika sudah malas, berat badan akan mudah naik hingga obesitas. Obesitas akan meningkatkan risiko diabetes.

  • Sering stress

Ketika seseorang stress, tubuh meningkatkan produksi hormone epinephrine dan kortisol. Dua hormon ini menaikkan gula darah agar cadangan energi untuk beraktivitas tersedia. Stress berkepanjangan akan menyebabkan diabetes.

  • Kecanduan rokok

Risiko perokok aktif mengidap diabetes 22% lebih besar.

  • Hobi minum soda

Minuman bersoda meningkatkan berat badan dan risiko diabetes. Soda mengandung pemanis. Asupan kalori cair dalam soda tidak mengenyangkan sehingga ingin minum lebih banyak.

Mengatasi Diabetes Dengan Lifestyle Yang Sehat

Mengobati diabetes secara alami dapat diupayakan dengan cara – cara sebagai berikut :

  1. Diet Ketogenik

Karakteristik diet ketogenik adalah tinggi lemak, tinggi protein, dan rendah karbohidrat. Tubuh akan membakar lemak dan menjadikan keton sebagai sumber energi.

  1. Diet Puasa

Membagi waktu, misal 16 jam puasa dan 8 jam makan. Pemilihan waktu mulai berpuasa bebas.

  1. Jus Buah

Jus buah dapat mengurangi ketergantungan pada camilan lain yang lebih kaya karbohidrat. Buah pun mengandung banyak serat baik. Pengidap diabetes yang konsumsi seratnya tinggi kadar gulanya lebih rendah dan stabil. Akan lebih baik jika jus dinikmati tanpa gula tambahan.

Beberapa buah berserat tinggi adalah apricot, belimbing, nanas, pisang, plum, dll. Terdapat berbagai rekomendasi kolaborasi jus buah untuk penderita diabetes di internet. Contoh kolaborasi tersebut antara lain: jus apel campur lemon, belimbing campur pepaya, serta melon campur pisang.

  1. Buah Pare

Buah pahit ini mengandung berbagai senyawa alami dan enzim bermanfaat. Para praktisi pengobatan herbal sangat menganjurkan pare untuk pengobatan diabetes.

  1. Buah Juwet

Dikenal sebagai rose apple di dunia internasional. Merupakan pengendali ampuh diabetes karena mampu mengontrol metabolism pengolahan zat pati menjadi gula.

  1. Biji Fenugreek

Nama lokalnya klabet. Biasa digunakan untuk menambah bumbu pada masakan. Sekarang sudah langka. Fenugreek mengandung 4-hydroxyisoleucine dan asam amino yang berperan menstimulasi  pankreas untuk memproduksi hormon insulin.

  1. Kunyit

Kunyit mengandung zat bernama kurkumin yang merupakan antioksidan sekaligus anti peradangan. Ia dapat mengurangi resistensi sel terhadap insulin. Disarankan untuk penderita Diabetes Tipe 2.

  1. Daun Mangga

Mangga bukan hanya dimanfaatkan buahnya, daunnya pun kaya khasiat. Ia menganuk senyawa kimia organik yang mampu menurunkan gula darah serta mengontrol tekanan darah. Pada dasarnya diabetes disebabkan tubuh yang tidak cukup mampu mengolah glukosa. Cara mengonsumsi daun mangga ini bisa dengan direbus.

 

Ambil 3 atau 4 daun mangga, cuci dan rebus hingga mendidih. Diamkan hasil rebusan hingga esok hari. Setelah itu, saring hasil rebusan dan minum. Sangat dianjurkan meminum dalam kondisi perut kosong.

  1. Tanaman Ciplukan

Tanaman ini sudah semakin langka. Namun, di pedesaan ciplukan masih banyak tumbuh liar. Khususnya di sawah dengan kedelai atau kacang. Ciplukan memiliki banyak khasiat pengobatan, salah satunya adalah diabetes.

Untuk mengonsumsi ciplukan dibutuhkan satu batang pohon ciplukan muda. Rebus dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas. Saring airnya setelah dingin dan minum pada esok harinya. Ampas ciplukan pun bisa direbus sekali lagi.

Mengatasi Diabetes Dengan Herbal

Demikian keterangan tentang diabetes, jenis, penyebab, hingga pengobatannya. Setelah membaca sembilan trik mudah untuk mengatasi diabetes secara alami, silakan memetakan metode mana yang dapat digunakan. Sesuaikan dengan potensi yang ada di lingkungan sekitar atau jangkauan.

Mengingat banyaknya bahan-bahan alami yang diperlukan, barangkali terdapat kesulitan untuk mendapatkan bahan tersebut secara kontinyu dan mengolahnya secara rutin. Terlebih lagi di daerah perkotaan pohon semakin jarang saja. Namun, tidak perlu cemas karena terdapat solusi alternatif berupa obat herbal.

Adalah M-BioPro, hasil formulasi dari beragam bahan alami yang difermentasi menggunakan bakteri baik berjenis lactobacillus, bifidobacterium, dan keturunannya. Bakteri baik tidak merusak, tetapi justru mendukung sistem metabolisme tubuh. Kolaborasi dua kekuatan tersebut berperan menjaga kesehatan dan membunuh kuman penyakit.

M-BioPro mampu mengatasi berbagai penyakit, salah satunya adalah diabetes. Produk ini telah teruji dan mendapatkan banyak testimoni kesembuhan penderita diabetes. M-BioPro juga terbukti halal sehingga dapat digunakan tanpa ragu. Ramuan herbal ini dapat diperoleh di berbagai kota di Indonesia yang dapat dicek lebih jauh di laman kami.

Untuk yang menghendaki panduan mengobati diabetes secara alami silakan kunjungi Apotek Az-Zahra Medika 24 jam yang berada di Jl. Pleret KM1 Potorono telpun 0821-3592-8716 untuk masyarakat Banguntapan Pleret Imogiri Jetis Kotagede dan Apotek Az-Zahra 24 jam dengan alamat Jl. Piyungan – Prambanan KM3 untuk masyarakat Piyungan Prambanan berbah Patuk Dlingo Yogyakarta dan sekitarnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *