Mengatasi Asam Lambung Naik Tanpa Obat

Ini Dia Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Tanpa Obat

Mengatasi asam lambung naik tanpa obat bisa dilakukan kok. Asal telaten. Memperbaiki gaya hidup lebih sehat lagi. Panduan swamedikasi masalah ini bisa dengan mengunjungi apotek dengan layanan swamedikasi bersama apoteker yang sangat kompeten dan berpengalaman membimbing anda. Tanpa obat – obatan bisa sembuh dari sakit asam lambung yang naik sampai ke dada dan membuat perut sakit dan sesak napas itu.

Pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam bab Sistem Pencernaan saat Sekolah Dasar diajarkan bahwa lambung adalah salah satu organ pencernaan. Di dalam lambung terdapat zat bernama asam klorida yang membantu pencernaan secara kimiawi. Namun, dikenal pula sebuah penyakit karena kenaikan asam lambung. Kali ini akan dibahas tentang asam lambung hingga metode alami penanganan asam lambung naik.

Apa Itu Asam Lambung?

mengatasi asam lambung naik tanpa obatSesuai namanya, asam lambung adalah asam yang terdapat di lambung. Cairan ini diproduksi secara alami oleh pencernaan kita. Asam lambung mengandung asam klorida yang berfungsi untuk mendeteksi bakteri dalam bahan yang kita konsumsi dan membantu tubuh menyerap vitamin B12. Keberadaan asam lambung penting untuk menjaga metabolisme tubuh.

Keseimbangan produksi asam lambung harus terjaga. Jika terlalu rendah bisa menyebabkan masalah kesehatan serius karena belum cukup memenuhi fungsi. Namun, jika terlalu tinggi akan menyebabkan sakit perut. Kenaikan asam lambung akan berdampak kronis jika diabaikan oleh penderita.

Fungsi Asam Lambung

Secara garis besar telah disebutkan bahwa asam lambung berfungsi untuk menjaga metabolisme. Cairan ini juga berfungsi untuk mendukung proses pencernaan. Peran-peran penting asam lambung diakibatkan oleh zat-zat yang dikandungnya. Fungsi lebih rinci asam lambung adalah sebagai berikut:

  • Membantu tubuh mengolah protein.
  • Melawan bakteri yang masuk ke pencernaan.
  • Membantu tubuh menyerap vitamin B12

Vitamin B12 berfungsi untuk menjaga sistem otak, syaraf, serta membantu sistem produksi eritrosit.

Penyebab Asam Lambung Naik

Beberapa faktor penyebab naiknya asam lambung adalah:

  • Pola makan yang tidak sehat.
  • Gangguan emosi, seperti stress.
  • Infeksi bakteri

Bakteri Helicobacter pylori mengakibatkan tubuh tidak bisa memproduksi asam lambung. Ia masuk ke tubuh manusia melalui makanan atau minuman yang kebersihannya kurang terpenuhi.

  • Penyakit seperti hiatus hernia dan kanker pada lambung.
  • Konsumsi obat tertentu.
  • Faktor keturunan.
  • Faktor kehamilan.
  • Faktor usia

Ketika sudah lanjut usia, tubuh kurang bisa memproduksi asam lambung secara seimbang. Mereka lebih berisiko mengalami gangguan asam lambung, kembung, dan diare.

Gejala Asam Lambung Naik

Ketika asam lambung naik, orang tersebut akan merasa kurang nyaman di perut daerah lambung. Rasa nyeri juga dapat menyertainya. Begitu juga dengan rasa panas yang bisa terasa sampai ke dada. Namun, kondisi-kondisi ini biasanya diawali dan disertai gejala lain, yaitu:

  • Sering bersendawa.
  • Perut kembung.
  • Nafsu makan turun tetapi perut tidak nyaman saat makan.
  • Daya tahan dan semangat berkurang.
  • Gangguan pernapasan, contohnya napas berbau tidak sedap.
  • Gangguan pencernaan, contoh: diare, sembelit, dan mual.
  • Kulit kusam dan demam.
  • Merasakan sakit di bagian tenggorokan, yang terkadang disertai dengan batuk berdahak.

Mencegah Asam Lambung Naik

Upaya pencegahan asam lambung naik berkaitan erat dengan gaya hidup. Berikut merupakan sembilan di antaranya:

  1. Konsumsi makanan bergizi seimbang

Perhatikan asupan vitamin, mineral dan protein. Batasi makanan yang mengandung lemak berlebih seperti daging merah. Biasakan mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung serat, tetapi jangan berlebihan. Jangan melakukan diet ketat yang tidak seimbang agar produksi asam lambung stabil.

  1. Jangan mengonsumsi makanan yang terlalu pedas dan asam, apalagi terlalu sering

Makanan jenis ini dapat memicu kenaikan asam lambung. Selain itu juga dapat menimbulkan rasa nyeri.

  1. Hindari alkohol, kafein, dan karbonasi

Alkohol dapat menghentikan sistem kerja sel yang memproduksi asam lambung. Kafein dan karbonasi memicu produksi asam lambung yang berlebihan.

  1. Atur waktu makan secara teratur dan porsi makan yang sehat

Daripada banyak makan sekaligus, lebih disarankan makan dalam porsi sedikit tetapi sering. Jangan sampai jarak waktu antar makan dan cerna terlalu jauh. Jangan makan berlebihan saat malam hari.

  1. Jauhi atau batasi makanan dan minuman yang terlalu dingin.
  2. Minum air putih yang cukup

Dehidrasi memicu kenaikan asam lambung. Jumlah air yang dibutuhkan tubuh adalah delapan gelas per hari.

  1. Beristirahatlah secara teratur agar tubuh senantiasa bugar dan produksi asam lambung stabil

Orang yang jadwal istirahatnya tidak teratur dan atau sering begadang berpotensi lebih tinggi untuk menghasilkan asam lambung berlebihan

  1. Berolahragalah secara teratur.
  2. Jaga kesehatan dan kebugaran mental.

Untuk mengatasi asam lambung naik tanpa obat dapat dilakukan dengan membangun beberapa kebiasaan baru sebagi berikut :

Gangguan asam lambung biasanya diatasi dengan obat kimia yang mengandung antasida. Akan tetapi, konsumsi antasida berlebihan justru menyebabkan penyakit baru. Asam lambung dapat diatasi tanpa obat-obatan. Bahan dan atau metode yang dapat digunakan antara lain:

  1. Minum Susu Segar

Susu segar berasal dari susu murni tanpa campuran apa-apa. Susu banyak mengandung kalsium yang mampu menurunkan asam lambung. Susu juga meningkatkan pH dalam pencernaan sehingga perut lebih nyaman. Susu dapat ditambahkan dengan jahe yang telah disangrai. Sebaiknya, susu segar diminum sebelum tidur.

  1. Makan Buah Apel

Salah satu khasiat buah apel yakni menurunkan produksi asam lambung. Hal ini dikarenakan apel membantu enzim mengatur produksi asam lambung. Disarankan memakan apel dua buah per hari. Buah apel juga baik untuk diet.

  1. Minum Teh Hangat

Teh mengandung senyawa yang bisa menenangkan dan mengurangi produksi asam lambung dengan cepat. Manfaat ini dimiliki oleh berbagai jenis teh, seperti teh biasa, hijau, hitam, maupun teh bercampur daun melati. Namun, hal yang patut diperhatikan adalah jangan meminum teh panas, melainkan teh hangat. Teh yang diminum saat panas justru bisa menaikkan produksi asam lambung.

  1. Vitamin B

Contoh makanan yang kaya vitamin B adalah kacang-kacangan, bayam, dan ikan laut. Vitamin B dapat membantu menekan kelebihan produksi asam lambung, terutama B2 dan B6. Makanan-makanan jenis ini direkomendasikan untuk ibu hamil. Di samping menghilangkan gangguan asam lambung juga penuh gizi yang baik bagi janin.

  1. Mengubah Gaya Hidup

Poin ini berkaitan dengan sembilan poin yang telah dituliskan di atas. Baik untuk pencegahan dan penanganan, gaya hidup tidak boleh disepelekan karena cepat atau lambat akan menunjukkan dampaknya. Kehidupan serba instan dan sibuk belum tentu sehat. Pengobatan jenis apapun jika tidak disertai dengan gaya hidup yang sehat akan sia-sia.

Obat Herbal untuk Asam Lambung Naik

Setelah menyimak uraian panjang tentang asam lambung, gejala, sampai penanganannya, barangkali akan muncul pertanyaan, “Tidak adakah obat alami untuk asam lambung yang naik?” Solusi baru tersedia dalam wujud obat herbal M-BioPro yang mengandung kebaikan beragam bahan-bahan alami. M-BioPro dapat mengatasi berbagai penyakit, termasuk asam lambung naik. Sudah banyak testimoni kesembuhan dari gangguan-gangguan lambung yang bisa dibuktikan sendiri.

M-BioPro sudah tersedia di berbagai kota di Indonesia. Ramuan ini  dibuat dari air kelapa, tumbuhan sarang semut, akar papaya, daun ketepeng, ekstrak kulit manggis, madu, dan propolis. Pengolahannya melibatkan fermentasi yang dilakukan secara alami dengan bantuan bakteri probiotik (bakteri baik) berjenis lactobacillus, bifidobacterium, dan keturunannya. Kombinasi antara bahan alami dan bakteri baik akan langsung mengatasi penyakit serta menjaga kesehatan tubuh.

Kunjungi apotek Az-Zahra Medika di Jl. Raya Pleret KM1 Depan Balong Water Park Telpun 0821-3592-8716 untuk warga Pleret Imogiri Kotagede Jetis dan Banguntapan Bantul dan Apotek Az-Zahra dengan alamat Jl. Raya Piyungan – Prambanan KM3 Jogja telpun 0821-3485-1327 untuk warga Patuk Dlingo Piyungan Berbah Prambanan Yogyakarta dan sekitarnya. Siap melayani konsultasi cara mengatasi asam lambung naik secara alami dan aman. Dengan pelayanan 24 jam nonstop.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *