Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami

8 Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami Dan Cepat

Cara mengatasi gusi bengkak secara alami cukup mudah dilakukan. Bahan – bahan disekitar kita tersedia banyak. Yang penting harus disadari bahwa penyembuhan alami memerlukan waktu yang lebih lama. Kuncinya adalah telaten.

cara mengatasi gigi bengkak secara alamiPernahkah Anda mengalami gusi bengkak? Tentunya rasa yang ditimbulkan sangat mengganggu bukan? Namun Anda juga perlu memperhatikan cara dalam mengatasi gusi bengkak. Bahkan jika penanganan pada gusi bengkak tidak diperhatikan dengan baik bisa memengaruhi jaringan serta tulang penopang gigi.

Gusi yang ideal memiliki ciri-ciri berwarna merah muda, bisa menahan gigi dengan kuat dan juga kencang. Gusi yang sehat itu seharusnya tidak akan berdarah ketika ada menggosok gigi. pada umumnya anda akan sering mengalami banyak keluhan ketika gusi sedang bengkak seperti bau napas yang tidak sedap, timbul nanah di bagian bawah gusi ataupun gigi serta rasa yang tidak nyaman di dalam mulut Anda.

Sedangkan cara untuk mengobati gusi bengkak yang disebabkan oleh gigi berlubang bisa dilakukan dengan bahan-bahan yang alami. Akan tetapi cara tersebut hanya sebagai pertolongan sementara saja. Apabila gusi Anda sudah dalam keadaan bengkak parah dan tidak lekas pulih, maka sebaiknya Anda segera memeriksakannya ke dokter.

Perawatan Gusi Bengkak Dengan Cara Alami

Berikut ini adalah 8 cara dalam mengatasi gusi bengkak yang bisa Anda contoh di rumah dengan bahan-bahan yang mudah untuk didapatkan.

  1. Berkumur Menggunakan Air Garam

Cara mengatasi gusi bengkak secara alami yang diakibatkan karena gigi berlubang yaitu dengan melakukan kumur-kumur menggunakan air garam. Cara tersebut memang sudah menjadi rahasia umum untuk sebagian besar orang. Menggunakan air garam untuk mengatasi gusi bengkak memang dianggap manjur karena garam memiliki kandungan sodium yang cukup tinggi sehingga mampu membunuh bakteri yang menyebabkan karang gigi atau plak. Selain itu, garam juga telah menjadi antiseptik alami yang sangat baik untuk kesehatan mulut.

Berkumur kumur dengan menggunakan air garam bisa membantu Anda meringankan rasa sakit serta mampu meredakan bengkak yang terjadi pada gusi Anda. Hal tersebut dikarenakan sifat dari garam yang menyerap air sehingga sangat efektif dalam membunuh bakteri-bakteri jahat yang ada di dalam mulut. Apalagi bakteri sendiri bisa hidup dengan subur jika lingkungannya lembab dan asam. Sehingga apabila kondisi mulut kering, maka bakteri tersebut tidak akan bisa bertahan hidup.

Cara berkumur kumur menggunakan air garam cukup mudah dilakukan yaitu hanya dengan melarutkan garam sebanyak ½ sendok teh ke dalam segelas air hangat. Kemudian air larutan garam tersebut digunakan untuk berkumur-kumur hingga merata ke seluruh penjuru mulut untuk beberapa detik. Selanjutnya air kumur-kumur jangan ditelan, namun harus dibuang.

Anda bisa melakukan kumur-kumur menggunakan air garam tersebut secara rutin yaitu setidaknya dua kali. Atau Anda bisa melakukan hal tersebut hingga gusi bengkak Anda mulai mereda.

  1. Kompres Menggunakan Es Batu

Cara selanjutnya untuk mengobati gusi yang bengkak karena gigi berlubang yaitu dengan menggunakan es batu untuk mengompres. Cara menggunakannya juga sangat mudah yaitu dengan melapisi es batu menggunakan handuk dan ditempelkan pada bagian pipi ataupun gusi yang sedang bengkak. Anda bisa mengurangi es batu untuk mengompres berapa kali dalam sehari hingga sakit pada gusi bengkak Anda reda.

Penggunaan es batu untuk mengompres gusi yang bengkak memang cukup diminati. Hal tersebut dikarenakan dingin yang dihasilkan es batu mampu membuat saraf-saraf pemicu rasa nyeri di sekitar mulut menjadi mati rasa. Dengan demikian, untuk sementara waktu sakit pada gusi bengkak bisa reda.

Di samping itu, suhu dingin yang dihasilkan es batu juga bisa merangsang pembuluh darah di sekitar wajah menjadi sempit. Dengan demikian, aliran darah yang menuju ke gusi bengkak Anda menjadi lambat sehingga bisa membantu Anda dalam mengurangi bengkak, peradangan dan juga nyeri pada gusi.

  1. Menggunakan Kunyit

Kunyit adalah salah satu rempah yang dipercaya banyak memberikan manfaat untuk kesehatan, termasuk juga cara mengatasi gusi bengkak secara alami. Hal tersebut dikarenakan dalam kunyit mengandung senyawa curcumin yang memiliki fungsi untuk melawan bakteri-bakteri yang menyebabkan infeksi pada gusi. Selain itu kandungan senyawa curcumin pada kunyit juga mampu meredakan peradangan yang terjadi.

Sebagaimana sebuah penelitian yang telah dilakukan dalam Journal of Indian Society of Periodontology yang menyatakan bahwa sari kunyit serta obat kumur sangat berpotensi dalam pencegahan terbentuknya karang gigi. Selain itu, keduanya juga mampu mengatasi risiko gingivitis atau radang gusi. Sedangkan cara untuk melakukan pengobatan pada gigi bengkak menggunakan kunyit juga cukup mudah.

Cara melakukannya yaitu dengan membubuhkan pasta kunyit ada kain kasa kemudian digulung dan ditempelkan langsung ke gusi bengkak. Tunggulah selama beberapa menit dan Anda akan mendapatkan hasilnya. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan cara lain yaitu memarut kunyit sebanyak setengah ruas dan dicampur baking soda serta minyak kelapa. Kemudian semua bahan tersebut diatur hingga rata sampai membentuk krim kental. Gunakan bahan-bahan tersebut untuk mengganti pasta gigi saat Anda menggosok gigi selama gusi sedang bengkak.

  1. Menggunakan Lemon

Lemon juga bisa dijadikan untuk mengatasi gusi bengkak karena asam yang ada dalam lemon berfungsi sebagai alkali alami supaya PH di dalam mulut bisa seimbang. Lemon juga merupakan salah satu antibakteri yang sangat efektif dalam membasmi bakteri-bakteri yang menyebabkan masalah pada gigi dan gusi di dalam mulut.

Cara menggunakannya cukup mudah yaitu beras 1 buah lemon dan campur dengan segelas air hangat. Kemudian gunakanlah untuk berkumur selama tiga kali sehari supaya bakteri penyebab masalah gigi dan gusi bisa hilang.

  1. Menggunakan Daun Jambu Biji

Tahukah Anda daun jambu biji adalah salah satu antibakteri yang baik untuk kesehatan mulut. Daun jambu biji ini bisa digunakan untuk membuat gusi bengkak menjadi kempes yang dikarenakan daun Ini mengandung analgesik, anti inflamasi dan juga antibakteri yang kuat. Caranya sangat simple yaitu bisa mengunyahnya secara langsung atau bisa direbus terlebih dahulu dengan segelas air lalu dipakai untuk kumur-kumur.

  1. Menggunakan Merica

Merica adalah salah satu bumbu dapur yang ternyata bisa dipakai dalam cara mengatasi gusi bengkak secara alami yang disebabkan oleh gigi berlubang. Di dalam merica juga terkandung anti inflamasi, anti bakteri serta properti analgesik yang bermanfaat untuk mengatasi gusi bengkak. Caranya cukup mudah yaitu hanya dengan mencampurkan merica bersama garam dan tembaga dengan sedikit air sampai berbentuk seperti pasta. Kemudian pasta dari merica dan garam tersebut dioleskan pada gusi yang bengkak.

  1. Menggunakan Jahe

Jahe yang memiliki kandungan antibakteri juga sangat baik untuk menghilangkan bakteri yang merugikan di dalam mulut. Oleh sebab itu jahe menjadi bahan alami yang sangat cocok untuk mengatasi gusi bengkak. Sedangkan cara untuk menggunakan ya juga sangat mudah yaitu hanya dengan memarut jahe dan diperas airnya. Kemudian air perasan jahe tersebut dan gunakan untuk berkumur.

  1. Menggunakan Belimbing Wuluh

Cara terakhir untuk mengatasi gusi bengkak yaitu dengan menggunakan belimbing wuluh. Rasa asam yang ditimbulkan dari belimbing wuluh ini sangat bermanfaat sebagai antibakteri yang mampu menghilangkan bakteri merugikan di dalam mulut. Cara penggunaannya cukup gampang yaitu dengan menumbuk dua buah belimbing wuluh yang masih belum matang sampai halus.

Nah, 8 cara mengatasi gusi bengkak secara alami yang sudah disebutkan di atas semoga bisa membantu Anda untuk mencari informasi terkait penanganan pada gusi bengkak. Setelah ini Anda bisa mempraktikannya sendiri di rumah dengan mudah. Selamat mencoba.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *